Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajemen Mutu Terpadu


Pengertian Manajemen Mutu Terpadu
Manajemen Mutu Terpadu-MMT (Total Quality Management-TQM) merupakan suatu sistem nilai yang mendasar dan komperhensip dalam mengelola organisai dengan tujuan meningkatkan kinerja secara berkelanjutan dalam jangka panjang dengan memberikan perhatian secara khusus pada tercapainya kepuasan pelanggan dengan tetap memperhatikan secara memadai terhadap terpenuhinya kebutuhan seluruh stakeholders organisasi yang bersangkutan. Masalah kualitas dalam MMT menuntut adanya keterlibatan dan tanggung jawab semua pihak dalam organisasi.
Pendekatan MMT tidak hanya bersifat parsial, tetapi komperhensip dengan melibatkan semua pihak yang berkepentingan dengan produk yang dihasilkan. Masalah kualitas juga tidak lagi dimaknai dan dipandang sebagai masalah teknis, tetapi lebih berorientasi pada terwujudnya kepuasan konsumen atau pelanggan. MMT juga melibatkan faktor fisik dan faktor non fisik, semisal budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan pengikut. Keterpaduan faktor-faktor ini akan mengakibatkan kualitas pelayanan menjadi lebih meningkat dan bermakna.

Pendekatan Manajemen Mutu Terpadu
MMT adalah suatu pendekatan dalam menjalankan  usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi  melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Karena itu, MMT memiliki beberapa karakteristik:
  1. Fokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal,
  2. Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas, 
  3. Mengggunakan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah,
  4. Memiliki komitmen jangka panjang, 
  5. Membutuhkan kerja sama tim (teamwork), 
  6. Memperbaiki proses secara berkesinambungan, 
  7. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, 
  8. Memberikan kebebasan yang terkendali, 
  9. Memiliki kesatuan tujuan, 
  10. Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.







 

Posting Komentar untuk "Manajemen Mutu Terpadu"