Manajemen Mutu Terpadu
Pengertian Manajemen Mutu Terpadu
Manajemen
Mutu Terpadu-MMT (Total Quality Management-TQM) merupakan suatu
sistem nilai yang mendasar dan komperhensip dalam mengelola organisai dengan
tujuan meningkatkan kinerja secara berkelanjutan dalam jangka panjang dengan
memberikan perhatian secara khusus pada tercapainya kepuasan pelanggan dengan
tetap memperhatikan secara memadai terhadap terpenuhinya kebutuhan seluruh stakeholders
organisasi yang bersangkutan. Masalah kualitas dalam MMT menuntut adanya
keterlibatan dan tanggung jawab semua pihak dalam organisasi.
Pendekatan
MMT tidak hanya bersifat parsial, tetapi komperhensip dengan melibatkan semua
pihak yang berkepentingan dengan produk yang dihasilkan. Masalah kualitas juga
tidak lagi dimaknai dan dipandang sebagai masalah teknis, tetapi lebih
berorientasi pada terwujudnya kepuasan konsumen atau pelanggan. MMT juga
melibatkan faktor fisik dan faktor non fisik, semisal budaya organisasi, gaya
kepemimpinan dan pengikut. Keterpaduan faktor-faktor ini akan mengakibatkan
kualitas pelayanan menjadi lebih meningkat dan bermakna.
Pendekatan
Manajemen Mutu Terpadu
MMT
adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk
memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas
produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Karena itu, MMT memiliki
beberapa karakteristik:
- Fokus pada pelanggan, baik pelanggan internal maupun eksternal,
- Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas,
- Mengggunakan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah,
- Memiliki komitmen jangka panjang,
- Membutuhkan kerja sama tim (teamwork),
- Memperbaiki proses secara berkesinambungan,
- Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan,
- Memberikan kebebasan yang terkendali,
- Memiliki kesatuan tujuan,
- Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.
Posting Komentar untuk "Manajemen Mutu Terpadu"