Capital, Quality Trilogy, dan 5 Pilar Total Quality Management
Mutu terwujud dari manusia, percuma mesin bagus jika yang membuat atau manusia nya tidak bagus, maka mutu yang dihasilkan tidak baik. Perbaikan mutu tidak akan ada habisnya.
Mutu bukan sebagai tindakan, melainkan sebuah kebiasaan (Aristoteles)
Pengertian Human Capital
Yaitu pengetahuan & attitude yang baik, harus dipertahankan orang tersebut.
Pengertian Structure Capital
Yaitu berupa hak paten, budaya organisasi, SOP.
Pengertian Customer Capital
Yaitu customer yang setia dengan mempromosikan atau merekomendasi dari mulut ke mulut.
Quality Trilogy :
- Quality PlanningBisa mengidentifikasi pelanggan internal & external
- Quality ControlMeninjau atau memastikan bahwa produk dan jasa sudah sesuai dengan standard
- Quality ImprovementMengidentifikasi mutu dalam proses dan hasil dari mutu tersebut serta peningkatan proses mutu.
Ciri-ciri Organisasi Belajar :
- Kesadaran orang-orang dalam organisasi yang meningkatkan kualitas diri
- Mau bekerja satu tim dengan kompak, saling sharing antara satu dengan lainnya untuk kepentingan bersama
- Mind set nya ingin berkembang, berupaya untuk menggali kreativitasnya
- Pimpinan dalam merumuskan visi dengan masukan yang lainnya.
5 Pilar Utama Total Quality Management menurut Bill Creech :
- Produk
- Proses
- Organisasi
- Leadership
- Komitmen
Posting Komentar untuk "Capital, Quality Trilogy, dan 5 Pilar Total Quality Management"