Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capital, Quality Trilogy, dan 5 Pilar Total Quality Management


Mutu terwujud dari manusia, percuma mesin bagus jika yang membuat atau manusia nya tidak bagus, maka mutu yang dihasilkan tidak baik. Perbaikan mutu tidak akan ada habisnya.
Mutu bukan sebagai tindakan, melainkan sebuah kebiasaan (Aristoteles)

Pengertian Human Capital 
Yaitu pengetahuan & attitude yang baik, harus dipertahankan orang tersebut.
Pengertian Structure Capital 
Yaitu berupa hak paten, budaya organisasi, SOP.
Pengertian Customer Capital 
Yaitu customer yang setia dengan mempromosikan atau merekomendasi dari mulut ke mulut.

Quality Trilogy :
  1. Quality Planning 
    Bisa mengidentifikasi pelanggan internal & external
  2. Quality Control
    Meninjau atau memastikan bahwa produk dan jasa sudah sesuai dengan standard
  3. Quality Improvement
    Mengidentifikasi mutu dalam proses dan hasil dari mutu tersebut serta peningkatan proses mutu.

Ciri-ciri Organisasi Belajar :
  1. Kesadaran orang-orang dalam organisasi yang meningkatkan kualitas diri
  2. Mau bekerja satu tim dengan kompak, saling sharing antara satu dengan lainnya untuk kepentingan bersama
  3. Mind set nya ingin berkembang, berupaya untuk menggali kreativitasnya
  4. Pimpinan dalam merumuskan visi dengan masukan yang lainnya.

5 Pilar Utama Total Quality Management menurut Bill Creech :
  1. Produk
  2. Proses
  3. Organisasi
  4. Leadership
  5. Komitmen


Posting Komentar untuk "Capital, Quality Trilogy, dan 5 Pilar Total Quality Management"